ANALISIS SWOT PADA BISNIS ONLINE

 


kita mungkin sudah familiar dengan istilah analisis SWOT. Namun tahukah kita? Analisis SWOT juga penting untuk dilakukan pada produk dan bisnis online yang kita miliki. Manfaat analisis SWOT bagi bisnis online kita sangatlah besar dan bisa menentukan kesuksesan bisnis Online kita. Untuk lengkapnya, simak contoh analisis SWOT produk bisnis online berikut! Ada contoh analisis SWOT perusahaan juga pastinya.

 

Pada dasarnya, pengertian analisis SWOT merupakan kependekan dari Strength (Kekuatan), Weakness (Kekurangan), Opportunities (Kesempatan), Threat (Ancaman). Dengan mempelajari contoh analisis SWOT bisnis online, kita bisa memperoleh gambaran mengenai bagaimana merancang analisis SWOT untuk bisnis kita.

 

Analisis SWOT dibuat oleh Albert Humphrey pada tahun 1960an dan biasanya dimanfaatkan oleh perusahaan maupun individual untuk memahami potensi diri mereka agar bisa merancang strategi terbaik untuk masa depan mereka.

 

Secara umum, Strength dan Weakness berfokus pada faktor-faktor internal. Sementara Opportunities dan Threats berfokus pada faktor-faktor eksternal.

 

Strength (Kekuaran) adalah faktor-faktor internal dalam perusahaan kita yang menunjukan kelebihan perusahaan kita apabila dibandingkan dengan kompetitor.

Weakness (Kelemahan) adalah kekurangan internal yang dirasa harus diperbaiki agar bisnis kita bisa menjadi lebih baik lagi.

Opportunities (Kesempatan) berkaitan dengan faktor eksternal yang bisa mendukung penjualan maupun perkembangan bisnis kita baik dari segi kompetitor, kesempatan pasar, permintaan masyarakat, dan lainnya.

Threat (Ancaman) berkaitan dengan faktor eksternal yang bisa menghambar penjualan maupun perkembangan bisnis kita baik itu persaingan maupun regulasi dari pemerintah.

Secara umum, itu dia pengertian analisis SWOT dan elemen-elemennya.

 

Manfaat Analisis SWOT

Sebelum melihat lebih lanjut mengenai contoh analisis swot bisnis UKM, pastinya kita harus terlebih dahulu memahami manfaat analisis SWOT.

Salah satu manfaat analisis SWOT yang utama adalah untuk memahami mengenai bisnis kita. Layaknya ketika kita memahami diri sendiri, maka kita bisa memaksimalkan potensi yang kita miliki dan memperbaiki kekurangan yang kita miliki.

 

Namun secara umum, berikut beberapa fungsi analisis SWOT :

1. Membuat rangkuman analisis tentang faktor internal dan eksternal yang akan mempengaruhi bisnis kita.

2. Mempersiapkan berbagai pilihan strategi untuk menanggulangi resiko atau masalah yang akan muncul di masa mendatang.

3. Dengan mengetahui kelebihan dan hal-hal positif dari bisnis kita, maka kita bisa memaksimalkan potensi bisnis kita serta membantu pertumbuhan bisnis kita.

4. Dengan mengetahui kekurangan dan ancaman yang mengintai perusahaan kita, maka kita bisa merancang strategi penanggulan guna meminimalisir krisis dan masalah yang mungkin datang.

5. Menjadi dasar untuk pembuatan ramalan penjualan sesuai dengan kondisi pasar yang ada saat ini.

Dengan mempelajari berbagai contoh analisis SWOT perusahaan yang akan kami berikan, kita pastinya juga bisa memperoleh berbagai manfaat analisis SWOT yang telah kami tuliskan diatas.

 

Metode Analisis SWOT

Metode analisis SWOT analisis terbagi menjadi 2 bagian besar, yaitu analisis internal (Strength dan Weakness) serta analisis eksternal (Opportunities dan Threats).

Biasanya, analisis SWOT dibuat dalam tabel seperti di bawah ini.

Untuk melakukan analisis SWOT perusahaan secara tepat, Anda tidak bisa melakukannya secara sembarangan. Berikut beberapa tahap yang harus Anda lakukan.

 

Kumpulkan Partisipan

Kumpulkan orang-orang yang bisa memberikan perspektif penting yang berguna bagi bisnis Anda. Dalam membuat analisis SWOT, Anda tidak bisa mengandalkan diri Anda sendiri. Jika Anda baru membangun bisnis dan belum memiliki tim, Anda bisa meminta pendapat teman atau mentor Anda.

Namun jika tim Anda sudah cenderung besar, maka Anda wajib mengumpulkan perwakilan dari berbagai divisi berbeda mulai dari tim produk, tim marketing, tim CS, dan banyak lagi. Tujuannya adalah untuk memperoleh perspektif komprehensif dan tidak bias.

 

Jika memungkinkan, Anda juga bisa mengumpulkan pelanggan setia Anda dan meminta pendapat mereka. Bagaimanapun, pelanggan lah yang akan paling memahami bisnis Anda.

 

Brainstorming

Layaknya rapat, Anda bisa melakukan brainstorming dengan semua partisipan. Namun untuk memancing ide yang lebih original, Anda bisa meminta partisipan untuk terlebih dahulu menuliskan ide yang mereka miliki di selembar kertas.

Kelompokan Ide

Setelah ide dikumpulkan, Anda bisa mengelompokan ide-ide yang serupa. Semakin banyak jumlah orang yang memiliki ide-ide serupa, maka ide tersebut akan semakin valid.

 

Contoh Analisis SWOT Bisnis Online

Dengan membaca metode analisis SWOT diatas, seharusnya Anda sudah bisa membuat analisis SWOT bisnis Anda sendiri. Namun untuk lebih mempermudah Anda, berikut contoh analisis SWOT produk bisnis online.

Sebagai contoh kasus, berikut merupakan contoh analisis SWOT perusahaan yang bergerak di bidang fashion atau penjualan pakaian.

Anggaplah Brand X adalah salah satu brand ternama yang menyasar target pasar high-end dengan desain baju yang unik dan terlihat elegan. Mungkin kurang lebih beginilah contoh analisis SWOT produk bisnis online-nya.


Itu dia pengertian analisis SWOT dan beberapa contoh analisis SWOT produk bisnis online. Seiring dengan perkembangan zaman, channel penjualan online merupakan salah satu opportunities (kesempatan) yang wajib Anda manfaatkan untuk menjangkau lebih banyak pembeli lagi.

Sumber : https://blog.avana.id/contoh-analisis-swot-produk-bisnis-online/




Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama